Memuat...
Home » » Cara Mengoptimalkan Kecepatan Android

Cara Mengoptimalkan Kecepatan Android



Untuk meningkatkan kinerja berupa kecepatan proses Android anda memerlukan beberapa cara yang bisa anda lakukan sendiri. Perlu dipahami dengan mengoptimalkan kecepatan Android anda bisa bekerja dengan optimal, atau bisa membuka aplikasi atau game yang berat menjadi terasa ringan. Anda juga wajib merawat Android anda secara berkala untuk menghindari pengurangan kinerja handphone yaitu proses lemot, juga baterai yang cepat habis, kedua masalah itu adalah dua masalah umum apabila Android anda sudah berumur. Untuk menjaga agar performa tetap konsesiten saya akan berbagi bagaimana cara mengoptimalkan kecepatan Android kepada Anda.

Sebetulnya ada beberapa cara, dan saya percaya bahwa cara ini sangat mudah dan bisa di lakukan oleh semua orang untuk bisa membuat ponsel Android bekerja maksimal. Berikut ini adalah cara cara nya :
1. Ketahui RAM atau Seberapa Besar Memory Anda
Langkah pertama adalah ketahui berapa besar RAM yang ada di Android anda, kita tahu bahwa ada beberapa tipe ponsel Android dari yang high-end atau kelas atas , sampai kelas bawah yang harganya bisa Rp 500 ribu an. Tetapi yang harus kita waspadai adalah berapa tepatnya kemampuan proses Android anda, apabila anda memilih Android kelas bawah low-end, maka jangan berharap banyak untuk menggunakan aplikasi multimedia ataupun game game besar secara mudah, karena memang karena kapasitas RAM yang sudah dipress sehingga mungkin kinerjanya tidak bisa maksimal. Maka bijaklah untuk install aplikasi dan pemakaian, sesuaikan dengan besarnya Memory dan Processor anda.
2. Hapus Aplikasi dan Cache Secara Berkala
Salah satu yang membuat proses berat adalah banyaknya aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan, bisa juga karena banyak nya shortcut dan widget. Maka hapuslah secara berkala aplikasi yang tidak terlalu yang dibutuhkan. Kedua cache juga perlu di hapus secara berkala, aplikasi seperti aplikasi chat mempunyai banyak cache, jadi hapus saja cache yang tidak dibutuhkan, anda bisa menggunakan aplikasi cache cleaner dari Play Store.
3. Install Aplikasi Perawatan Android
Ada beberapa aplikasi yang bisa merawat kestabilan proses android anda dan yang kita bahas kali ini adalah 2 aplikasi yaitu Task Killer dan Greenify. Task Killer sesuai namanya , adalah Aplikasi untuk menutup secara paksa Aplikasi yang sedang berjalan di Backgroud. Aplikasi yang berjalan di Background ini bisa memperlambat kinerja Android secara kesuluruhan apalagi jika Aplikasi nya besar, tutup saja Aplikasi yang memakan memory banyak dengan Task Killer. Kedua adalah Greenify, hampir sama dengan Task Killer tapi Greenify lebih “bijak” dalam menghapus proses background, yaitu tidak mengclose secara “force” tapi melakukan hibernasi, sehingga Aplikasi yang dibutuhkan bisa digunakan secara cepat sewaktu waktu. 2 Aplikasi tersebut bisa di dapat dengan mendownload dari Google Play Store.
4. Rooting dan Alokasi Memori
Ada yang bilang bahwa meng-root Android anda bisa berbahaya dan menurunkan nilai jual, tetapi sesungguhnya tidak. Dengan men-rooted Android anda, anda lebih leluasa dalam perawatan Android, dengan mensintall beberapa Aplikasi penting dan beberapa proses penting, yang akhirnya dapat meningkatkan kecepatan android anda. Selain itu gunakanlah memory eksternal untuk proses Multimedia, jangan paksakan memory internal untuk terus memproses karena membuat lemot, alokasikan memory eksternal juga untuk game game dan aplikasi besar lainnya.
Setelah anda merawat Android anda maka untuk melakukan atau membuka program besar akan semakin nyaman, karena prosesnya semakin cepat. Juga bisa menghemat baterai anda, semua ini berkaitan karena apabila seringnya Aplikasi di proses maka membuat baterai cepat habis dan tidak awet. Sekian artikel dari saya tentang bagaimana mempercepat kinerja Android.
Blog, Updated at: 13.28

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014. Anak Bungsu - All Rights Reserved
Template MY HEROES by seocips.com
Published by template.areasatu.com
Powered by A1
Back to top