Memuat...
Home » » Review Treq S1: Ponsel Asal Surabaya yang Penuh Gaya


Meskipun berasal dari produk lokal, Treq smartphone asal Surabaya, Jawa Timur mampu bersaing di tengah membanjirnya berbagai merk smartphone berbagai. Seakan tak mau kalah dengan  berbagai macam smartphone di segmen entry level, produk yang bertitel S1 ini memiliki tampilan yang menawan dengan spesifikasi yang terbilang cukup bisa diandalkan.

Design

Smartphone yang beberapa waktu lalu baru diluncurkan ini memiliki tampilan yang cukup menarik dengan design kotak, menonjolkan kesan tegas disetiap sisinya. Desain yang diusungnya tergolong memiliki bodi cukup ‘aduhai’ dengan dimensi 143,6 x 71,8 x 8,3 mm dan  berat 142 gram. Dengan ukuran dan berat sedemikian rupa, S1 terasa cukup pas jika digenggam.

Asyiknya, pada setiap bagian sisi S1 dibalut dengan alumunium metalik yang terlihat begitu kokoh layaknya logam murni. Tak cukup kanan dan kiri saja, matrial ini hadir tepat di bagian atas dan bawah smartphone. Kesan stylish bisa terpancar dari smartphone ini berkat tombol yang minim hanya ada di bagian kiri sebagai volume dan di bagian kanan sebagai lock screen yang ke semuanya  seolah dibalut material logam yang menyatu dengan bodi.


Fungsi panel yang terdapat di bagian bawah layar memiliki bentuk simbol yang sederhana terdapat shortcut menu dengan simbol garis, home dengan rumah, serta undo yang memiliki simbol panah.

Tak seperti kebanyakan ponsel lokal yang beredar, S1 melubangi bodi bagian atasnya untuk port micro USB yang berdampingan dengan jack audio berukuran 3.5 mm.

Beralih ke bagian belakang S1, tersemat kamera yang terbilang besar tepat di bagian pojok kiri. Kamera tersebut rupanya tak sendirian begitu saja, ada lampu kilat yang setia menemaninya di bagian bawah.

Agar tidak serta merta licin saat digengggam, Treq membuat bodi belakang dengan pola lubang-lubang kecil. Benar saja, S1 tidak mudah terlepas saat digenggam walaupun tangan dalam keadaan bekeringat. Di antara beragam lubang terdapat suatu pola miring yang agak berbeda,  setelah dilihat rupanya itu tempat S1 bersuara.

Display

Treq S1 terlahir dengan dimensi layar 5 inci dengan resolusi 480 × 854 piksel yang terbungkus dengan teknologi  IPS. Terlihat kemampuan mengolah gambarnya begitu cukup meskipun kontras yang dihasilkan begitu terang.
Saat mencobanya, layar sentuh dari S1 ini cukup sensitif meskipun saat diuji dengan aplikasi multitouch hanya bisa merespon lima sentuhan saja. Uniknya, terdapat fitur pembuka layar dengan metode, pengguna hanya perlu menggeser secara horizontal serta vertical ataupun membentuk huruf V kemudian S1 akan merespon dengan membuka layarnya.

Performance

Sekalipun diperuntukan bagi pasar entry-level yang spesifikasinya tidak terlalu tinggi, namun S1 tetap memperhatikan kebutuhan dasar para pengguna smartphone. Smartphone asal Jawa Timur ini mengusung prosesor quad-core MediaTek MTK6582  berkecepatan 1,3 GHz yang berpadu dengan RAM 512 saja.

Selain itu, terdapat juga internal memori yang disuguhkan dengan kapasitan 4 GB dan dapat ditambah dengan bantuan slot-memori hingga 32 GB. Pengujian JerukNipis dalam beberapa hari menunjukan smartphone ini tanpa gangguan yang berarti untuk komputasi mobile dasar. Untuk detilnya, Jerukers bisa simak benchmark-nya berikut ini:


image
imageimageimageimage

Tampilan UI

imageimage

Camera 

Walaupun berasal dari keluarga low-end, S1 memiliki tampilan kamera yang cukup baik di kelasnya. Smartphone dual-SIM ini memiliki kamera belakang dengan resolusi 8 MP dan 2 MP di bagian depan.

Saat mencoba memotret dengan menggunakan S1, terlihat detil warna yang disuguhkan terlihat baik walaupun tidak mendukung fitur auto focus. Meskipun begitu, smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur GPS location pada foto yang telah dijepret. Tersedia juga pengaturan seperti Exposure, Color Effect dengan pilihan mono, sepia, negative, dan blue.

Selain itu tersemat juga mode yang tertanam pada fitur kamera seperti view angle mode, panorama mode, face beauty mode, serta motion track mode.

imagekondisi kamera belakang pada malam hariimageKamera bagian depan, begitu bisa diandalkan walaupun hanya berkapasitas 2MP saja.image

Conclusion

Smartphone Treq S1 memang patut dimiliki bagi pengguna yang ingin berpindah dari feature phone ke smartphone. Dengan layarnya yang lebar membuatnya begitu nyaman untuk menonton video dan bermain game. Terlebih desainnya yang cantik dengan bagian sudut yang tegas bernuansa metalik di setiap sisinya membuatya tampak begitu mewah. Dengan harga Rp 1 Jutaan pengguna sudah mendapatkan fitur standar yang terbilang cukup mumpuni.

Top Notch

- Layar IPS 5,5 inci (480×854 pixels)

- Sistem Operasi Android Kitkat 4.4

- Chipset quad-core 1,3 GHz

- 512 RAM, 4 GB ROM (Slot-memori)

- Kamera belakang 5MP, kamera depan 2MP


Blog, Updated at: 15.10

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014. Anak Bungsu - All Rights Reserved
Template MY HEROES by seocips.com
Published by template.areasatu.com
Powered by A1
Back to top