Memuat...
Home » » 6 Film Indonesia Ini Lebih Terkenal di Luar Negeri Lho!

Ternyata bukan cuma The Raid yang bisa sampe ke Hollywood, tapi ada juga film-film lain dari jaman baheula yang dipuji-puji oleh masyarakat asing. Keren yak Indonesia. Mirisnya, film-film ini ternyata gak dikenal oleh rakyat Indonesia sendiri.

Karena saya berwawasan luas (That’s why you read the site, right?), kali ini saya akan memberikan daftar beberapa film yang diapresiasi di luar negeri, tapi gak dipeduliin sama orang Indonesia sendiri:

1. After the Curfew (Lewat Djam Malam)

Tahun pembuatan: 1954
Sutradara: Usmar Ismail

Tentang apa nih Gun? Film yang dibuat ketika Indonesia masih seger-segernya merdeka ini menceritakan tentang seorang pahlawan perang bernama Iskandar yang meninggalkan ketentaraannya dan berusaha menjadi rakyat sipil. Sayangnya, semua gak berjalan lancar. Negara yang dia perjuangkan malah diisi orang-orang dengan moral bobrok.

Kok bisa terkenal di luar negeri? Film ini direstorasi oleh National Museum of Singapore (bukan Indonesia loh ya) dan World Cinema Foundation (bosnya Martin Scorsese) dan diputar di Cannes Film Festival 2012. Sejak itu dianggap sebagai karya monumental dunia yang telah lama hilang.

2. Tjoet Nja’ Dhien

Tahun Pembuatan: 1988
Sutradara: Eros Djarot

Tentang apa nih gun? Film ini menceritakan aksi kepahlawanan salah satu perempuan paling keren di Indonesia, Cut Nyak Dhien. Dikisahkan betapa hebatnya, Cut Nyak Dhien mengorganisir tentara Indonesia untuk melawan penjajah Belanda.

Kok bisa terkenal di luar negeri? Film Indonesia pertama yang diputar di Cannes Film Festival dan mendapatkan penghargaan Best International Film.

3. Lady Terminator (Pembalasan Ratu Pantai Selatan)

Tahun Pembuatan: 1989
Sutradara: H. Tjut Djalil a.k.a Jalil Jackson (menurut IMBD loh ini, bukan saya yang ngasal ngasih nama ya)

Tentang apa nih gan? Nyi Roro Kidul untuk membalas dendam karena dipermaikan lelaki sakti menggunakan jasad Wanda (Yurike Prastika). Lelaki yang menyetubuhi Wanda akan mati, karena ada keris keluar dari kemaluannya. Keris itu pula yang akhirnya menaklukkan Wanda, hingga Nyi Roro Kidul kembali ke dunia siluman.

Kok bisa terkenal di luar negeri? Dirilis ulang pada tahun 2004 oleh distributor spesialis film Eksploitasi, Mondo Macabro. Lady Terminator mulai diminati oleh penonton film Cult dan bermain di berbagai festival film sayah di seluruh dunia.

4. The Warrior (Jaka Sembung)

Tahun Pembuatan: 1981
Sutradara: Sisworo Gautama

Tentang apa nih saya? Pada zaman penjajahan Belanda, Parmin alias Jaka Sembung (Barry Prima) merupakan jawara sakti Kandanghaur. Ia memberontak atas ketidakadilan pemerintah Hindia Belanda yang mengharuskan para tawanan bekerja paksa. Untuk menumpas Jaka Sembung, Komandan Hindia Belanda setempat mengadakan sayembara.

Kok bisa terkenal di luar negeri? Lebih dulu dirilis Mondo Macabro di tahun 2002 dalam seri film fantasi Indonesia.

5. Mystics In Bali (Leyak)

Tahun Pembuatan: 1981
Sutradara: H. Tjut Djalil a.k.a Jalil Jackson

Tentang apa nih? Film ini bercerita tentang Cathy Kean seorang penulis muda dari Amerika Serikat fasih berbahasa Indonesia yang pergi ke Bali untuk mempelajari rahasia ilmu gaib kuno Leák untuk buku yang sedang dia tulis. Suatu malam di hutan, dia bertemu dengan seorang wanita yang adalah seorang penyihir dan anggota sekte mengerikan ‘Leák’ (Sofia W.D.). Dia akhirnya setuju untuk menjadi seorang murid pengikut ‘Leák’ dan mulai mengikuti banyak ritual sayah dan kejam.

Kok bisa terkenal di luar negeri? Dirilis tahun 2007. Dibahas Total Film (UK). Dibahas Slate TV untuk program Cinemassacre’s Monster Madness (2010). Disetarakan dengan film Shaw Brothers.

6. The Act of Killing (Jagal)

Tahun Pembuatan: 2012
Sutradara: Joshua Oppenheimer & Christine Cynn

Tentang apa nih gan? Film dokumenter yang mewawancarai Anwar Congo, salah satu pelaku pembantaian PKI dan meminta Anwar untuk merekontruksi kembali ingatannya tentang pembantaian saat itu.

Kok bisa terkenal di luar negeri? Dinominasikan untuk Oscar (US) kategori Dokumenter Terbaik. Memenangkan BAFTA (UK) kategori Dokumenter Terbaik. Segudang penghargaan dari festival film di dunia (Cek sendiri di IMDB atau Wikipedia ya).

Nah, saya udah ngasih tahu ya, film-film keren yang kelewat sama orang Indonesia. Gih buruan nonton. Seru-seru loh itu filmnya. Mulailah menghargai film Indonesia, walaupun banyak yang butut, sebelum diakui oleh orang-orang di luar negeri. Yuk ah!


sumber
Blog, Updated at: 16.31

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014. Anak Bungsu - All Rights Reserved
Template MY HEROES by seocips.com
Published by template.areasatu.com
Powered by A1
Back to top